Selasa, 10 April 2012

Cam On, Vietnam !



21 Maret 2012 ;


Rasanya putaran waktu di Vietnam itu lebih cepat dari semestinya. Baru kemarin saya mulai terbiasa dengan jalanannya, baru kemarin saya mulai terbiasa sarapan dengan baguette, roti yang besarnya segede gaban, eh sekarang sudah yang terakhir aja makan tuh roti.

Selama di Vietnam saya memang selalu mencari dan mencicipi makanan khasnya. Pernah saya mencoba Pho, es kacang ijonya vietnam, ketan warna-warni yang saya beli di pasar malam Benh Than, dan roti baguette.

Khusus roti baguette, saya hampir memakannya tiap pagi, ini karena hotel tempat saya menginap menyediakan roti itu saat breakfast.


Baguette


Baguette itu sebenarnya roti khas negara Perancis, entah gimana ceritanya roti ini bisa berimigrasi ke Vietnam, hingga menjadi makanan pokok pengganti nasi. Di Perancis, baguette biasa dimakan dengan sup, tapi di vietnam dimakan bersamaan dengan aneka ragam lauk pauk.

Ukuran rotinya gede banget, bentuknya lonjong memanjang, kalau di gigit terjadi perpanduan antara renyah dan alot. Dan saya tak pernah berharap ini adalah baguette terakhir saya, semoga ada kesempatan lain untuk memakannya kembali, ditempat yang sama, disini, di Vietnam.




Malam sudah mulai berkuasa, seperti biasa, malam di Ho Chi Minh City selalu penuh warna, tak kenal hari, semua penduduk suka merayakan malam, dan malam ini saya hanya bisa menikmatinya dari balik jendela bus.

Tepat pukul 24.00, bus pergi meninggalkan Ho Chi Minh City, menuju Phom Penh, Cambodia.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar