Selasa, 10 April 2012

Aduhai Vietnam



Diantara empat negara lainnya, memang Vietnam-lah, 
negara dengan banyak wanita cantik dan modis ;



Malam ini sebenarnya kami ada rencana bertemu dengan sesama backpacker asal Indonesia, kami janjian bertemu di KFC dekat Ben Thanh Market, karena media komunikasi yang sangat terbatas, kami akhirnya tersesat oleh malam di kota ini. Kami salah KFC, semacam nyasar.

Yaudah mau gimana lagi, kami terpaksa mengurungkan niat untuk bertemu mereka, karena selain media komunikasi yang tidak ada, kami juga sudah sangat capek kalau harus berjalan lagi mencari KFC yang di maksud.

Kami juga memutuskan untuk makan malam di KFC tersebut, sambil makan dan berbicang, tiba-tiba datang seorang pemuda menghampiri meja kami, "Indonesia?'' Jawab kami serentak, ''Iya mas.''

Waaah bertemu dengan orang Indonesia di negeri orang itu mungkin ibarat menemukan oase di padang pasir kali ya, senang bangetlah pokoknya.

Namanya mas Bobo, kami berbincang dengannya, saya menjelaskan bagaimana saya bisa sampai di Vietnam, hingga terdampar di KFC ini.

Mas bobo sediri datang ke Vietnam untuk bekerja, mas bobo banyak memberikan saran dan wejangan kepada kami. Dia juga menceritakan pengalaman backpacker-nya, terutama saat mengelilingi negara-negara di Asia Tenggara. Untuk di Vietnam sendiri, dia bilang kalau negara ini adalah negara paling 'mudah' kalau mau 'nakal'.

Kata mas bobo, ''Saya, sudah ke semua negara di Asia Tenggara, untuk masalah cewek, Vietnamlah yang paling cantik. Gampang kalau mau nakal disini, tapi ingat apa tujuan kita! Ingat istri, ingat keluarga, ingat orangtua, itu kuncinya. Bertingkah laku dan berucaplah yang baik dimanapun kita berada''.

Iya, saya setuju dengan apa yang mas bobo bilang tentang Vietnam. Vietnam kini sedang mengalami banyak pergeseran budaya. Konon dulu perempuan di vietnam itu nggak boleh pakai pakaian yang terbuka. Namun sekarang, hampir sebagian besar perempuan disini memakai pakaian yang serba 'kekurangan'. Nggak siang, nggak malam, dari cafe hingga di pasar ben than (di pasar tradisional lho padahal), saya banyak menjumpai perempuan Vietnam yang memakai celana sebatas pangkal pantat dan ber-tank top-an ria. 

Jadi, karena pergesaran budaya, bisa di bilang di vietnam itu lagi hot-hotnya mengenai cara berpenampilan dan bergaul.

Selain cara berpakaian yang seakan kekurangan bahan. Perempuan Vietnam itu rata rata juga sangat memperhatikan penampilan tubuhnya. Jarang sekali saya melihat perempuan di Ho Chi Minh City yang bertubuh gendut.

Saya juga sempat menanyakan kepada mas bobo, ''Mas kok banyak penduduk di Vietnam suka nongkrong di tiap sudut dan taman-taman kota Ho Chi Minh ya, ini cuma di malam ini saja, atau emang udah kebiasaan mereka ya mas?''

Kata mas bobo, penduduk di negara ini, dari Vietnam bagian utara sampai Vietnam bagian selatan itu emang hobi banget nongkrong, nggak peduli tua ataupun muda. Di pagi hari sampai sore mereka ngumpul di tiap sudut dan taman-taman kota, entah sekedar berpacaran, duduk-duduk imut, atau bermain Shuttlecock alias sepak bulu. Malam harinya, mereka makan malam bersama keluarga, teman, kekasih, pacar teman, atau bersama teman pacarnya di street food.

Dan sebuah pertemuan yang singkat ini kami tutup dengan sebuah salam perpisahan yang hangat di depan City Hall Statue. Bangunan yang sangat mempesona saat malam hari.



City Hall Statue, Ho Chi Minh, Vietnam




My country is the world, and my religion is to do good. -Thomas Paine



Tidak ada komentar:

Posting Komentar