Jumat, 11 Mei 2012

Ini Kali Pertama Saya Berjemur !




"Kalau ada satu kegiatan yang belum pernah dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya untuk saya lakukan, kegiatan itu adalah berjemur di pantai."


Tour Phi-Phi island di akhiri dengan berkunjung ke Koh Khai island. Disini terdapat pantai dengan pasir putih bersih, air lautnya biru toska, serasi dengan warna langit saat itu. Saat turun dari speed boat, ratusan ikan nampak dengan jelas menari-nari di dalam air, seakan sudah terbiasa dengan kedatangan manusia.


Ini Roti, Itu Ikan


''Remember, yuo have two hour!'' Pemandu kami berteriak dengan suara melentik, suaranya begitu khas di telinga.


Huh! Ini nih nggak enaknya kalau ikut tour. Ke Maya Bay yang menjadi lokasi syuting 'The Beach' cuma 45 menit, ke Viking Cave lihat sarang burung walet  dilanjutkan melihat monyet bergelantungan ya semacam angkot gitu, cuma ngetem beberapa saat trus lanjut lagi, saat snorkling di Loh Sama Bay terkesan cuma numpang nyebur, makan siang di Phi Phi Don hanya diberi waktu 45 menit. Serba singkat, jelas, padatlah intinya.



Phi-hi Island


Tapi di antara tempat-tempat tadi, waktu yang diberikan di Koh Khai island memang lebih lama, iya lama kalau di bandingkan dengan tempat lainnya. Selain sebagai lokasi terakhir dari tour, pantai ini memang di khususkan sebagai tempat untuk istirahat para peserta, bisanya mereka pada berjemur, dengan menyewa satu set kursi pantai. Kalau nggak punya duit? Yaa selamat bermain-mainlah dengan ikan, seperti nasib saya ini!

Di Koh Khai island banyak sekali turis mancanegara, mereka dengan sengaja mebiarkan tubuhnya dilihat matahari. Jadi heran, kenapa ya sebagian besar bule itu suka banget sama yang namanya berjemur? Sampai berjam-jam hingga ketiduran, padahal bisa dibilang matahari bersinar cukup terik, tapi mereka tetap terlihat nyaman-nyaman aja.



Ao nang, Krabi ;

Saya suka banget ke pantai, suka bermain air, tapi untuk melakukan aktivitas yang satu itu, yakni berjemur, benar-benar nggak pernah terlintas di pikiran saya. Mungkin, karena seluruh hidup saya itu di habiskan di negara tropis, hampir 13 jam dalam sehari ketemu matahari, mulai dari dia bangun sampai kembali lagi ke peraduannya.

Tapi beda ceritanya waktu saya berkesempatan menginjakkan kaki di Pantai Ao Nang. Pantai ini memberi kesempatan saya untuk merasakan sebuah pengalaman yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, berjemur di bawah teriknya matahari, hingga berjam-jam, hingga tertidur pulas di pantai.

Pantai Ao Nang terletak di Krabi, Thailand bagian Selatan, kira-kira enam jam waktu tempuh jika menggunakan minivan dari Phuket. Pengunjung di Pantai Ao Nang lebih sedikit, suasananya juga jauh lebih sepi dari pada di Pantai Patong. Tidak seperti di Pantai Patong atau Koh Khai island yang banyak kursi lengkap dengan payung warna-warninya, di Ao Nang tidak satupun saya melihat benda-benda itu, mereka yang berjemur langsung merentangkan tubuhnya diatas pasir dengan matras sebagai alasanya.



Pantai Ao Nang, Krabi


Saya bergegas meletakkan ransel di kamar, dan segera kembali bermain air. Ombaknya begitu tenang, pantainya bersih, dan banyak pohon rindang berderet di sepanjang pantai, seakan menjadi payung bagi siapa saja yang hendak berleha-leha di pasirnya.

Hanya sesaat saya bermain air, badan sudah capek banget, efek dari perjalanan darat dari Phuket ke Krabi sudah mulai terasa. Saya pun langsung beranjak ke tepi pantai, duduk, meraba pasir, melihat hamparan laut, sembari merasakan semilir angin. Suasana yang benar-benar memanjakan tubuh, seketika saya langsung terlentang diatas pasir.

Aha, akhirnya saya berjemur juga! Ada perpanduan yang serasi antara siraman sinar mentari dengan semilir angin pantai, membuat tubuh terasa hangat. Sungguh saya menikmati semua kenyamanan ini.

Ternyata saat kita berjemur, sinar UV yang dipancarkan matahari itu akan merangsang vitamin D dalam tubuh kita lho. Nah, vitamin D ini fungsinya banyak, anatara lain untuk mecegah kanker, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi depresi, dan lain-lain.

Kemudian terlelap, dan terbangun beberapa saat sebelum Muadzin selesai mengumandangkan panggilan doa bagi umat Muslim.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar