Selasa, 21 Februari 2012

Pesona Alam Gunung Kidul : Goa, Air Terjun, Pantai



Berfoto Ria di Depan Goa
Sebelum memasuki kawasan air terjun Sri Gethuk, sempatkanlah terlebih dahulu berkunjung ke Goa Rancang. Yang khas dari goa ini adalah pohon besar yang menjulang tinggi di bagian depan Goa. 

Sepertinya Pohon ini sudah berumur ratusan tahun, tampak dari badanya yang kokoh, rambutnya lebat dan rindang, membuat udara disekitar Goa menjadi sejuk.





Suasana Dalam Goa
Masuk ke dalam Goa kita akan menemukan staglatit yang bergelantungan. Di salah satu sisi goa terdapat lubang kecil yang di dalamnya ada prasasti bergambarkan Burung Garuda.

Suasana di dalam Goa lembab dan sedikit gelap namun tak gulita, karena cahaya matahari akan berusaha menerobos masuk melalui  lubang besar di depan Goa. Cahayanya terhalang oleh rimbunya pepohonon, membentuk warna yang menjadi lukisan pagi.





Air Terjun Sri Gethuk
Kami melanjutkan perjalanan, kurang lebih 10 menit dari Goa Rancang. Karena saat itu sungai Oya sedang meluap, kami tidak dapat menaiki rakit untuk menuju air terjun, dan pilihannya adalah berjalan kaki, menyusuri pematang sawah, di payungi rimbunnya berbagai macam pepohonan, dan semilir angin khas pedesaan yang seakan menyambut kedatangan kami.

Tiga air terjun, jatuh bersamaan dari atas, lepas tak terbatas, hingga akhirnya bersatu dengan aliran air lainnya, entah darimana asalnya.

Seharusnya air berwarna hijau, tapi karena curah hujan sedang tinggi, warnanya menjadi coklat susu. Tak apa, suatu saat saya akan kembali berkunjung, tentunya dengan warna lain yang lebih indah, sesuai yang Sri Gethuk janjikan.






Pantai Wediombo, Putih Bersahabat
Goa sudah, Air Terjun sudah, sekarang kami  akan melanjutkan perjalanan melihat salah satu pantai dari sekian banyak pantai di Gunung Kidul yang masih dan semoga tetap ''Perawan''.

Sebenarnya ada banyak deretan Pantai yang luar biasa indah dan dan terawat di sepanjang pesisir Gunung Kidul, sebut saja: Pantai Indrayati, Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Siung, Pantai Krakal. Namun kali ini, kami memutuskan mengunjungi Pantai Wediombo saja, tak lain karena kami belum pernah melihat pantai ini sebelumnya.


Pantai Wediombo adalah tipikal Pantai di daerah Gunung Kidul. Pasirnya putih bersih, dengan ombak yang besar, dan berkarang.

Ada pemandangan lain yang akan kamu temukan ketika berkunjung ke pantai ini. Yaitu hutan dengan lebatnya pepohonan hijau, yang seakan membetengi pantai ini di tiap sisinya.



Tipikal Pantai di Gunung Kidul, Berkarang





 A wise traveler never despises his own country -Carlo Goldoni-





4 komentar:

  1. empat bintang untuk anda, luar biasa... anda juga mesti menyambangi pulau tidung, pulau imut yang terletak di utara jakarta..

    salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir di blog saya.

      yap, suatu saat nanti, saya harap dapat berkunjung kesana.

      Hapus
  2. om,keren om, 13-16 juli besok saya ad trip ke jogja,in lmyan mmbantu sya, ad objek lain ga om, yg bsa djangkau angkutan umum tentu'y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. huaaa maaf maaf baru baca ini.. telat sekali saya hahah! lain kali bisa menghubungi saya melalui email di georgegulin@yahoo.com

      ini ada itinerary yg saya buat jika berkunjung ke jogja : http://klik-backpacker.blogspot.com/2011/08/semacam-itinerary.html

      Hapus